Breaking News
Loading...
Kamis, 18 Juli 2013

Info Post
Bismillaahirrahmaanirrahiim. . .
Dunia Islam telah beberapa kali mencoba untuk menaklukkan Kota Konstantinopel yang terkenal kuat di dunia. Beberapa usaha telah dicoba namun menemui kegagalan sebelum akhirnya dimenangkan oleh Muhammad Al-Fatih, mereka adalah:

1. Muawiyah bin Abi Sofyan: usaha pertama ini dilakukan pada masanya sepanjang tahun 49-52 H, namun menemui kegagalan.

2. Sulaiman bin Abdul Malik: usaha kedua ini datangnya dari Bani Umayyah pada masa Sulaiman bin Abdul Malik. Dia telah mengepungnya selama beberapa tahun, namun tidak berhasil menaklukkannya sampai dia akhirnya wafat.. Umar bin Abdul Aziz akhirnya memerintahkan penghentian pengepungan ini.

3. Abbasiyah al-Mahdi dan Harun Ar-Rasyid: dua tokoh ini bersatu untuk merebut Konstantinopel, namun taufik belum menyertai mereka.

4. Muhammad al-Fatih: Usaha keempat ini akhirnya membuahkan Hasil. Beliau beserta pasukannya berhasil menaklukkan Konstantinopel (ibukota Kekaisaran Byzantium) pada tahun 857 H / 1453 M. Sungguh dia telah memperoleh kemenangan yang nyata dengan menjadikan kota itu tunduk dibawah kekuasaannya. Bahkan dia berhasil membunuh Kaisar Byzantium dalam perang tersebut. Kemenangan ini merupakan kemenangan terbesar bagi Utsmaniyah, lalu dia memberikan nama Istanbul (kota kesejahteraan) dan menjadikannya sebagai ibukota. 


Kemudian dia juga menaklukkan negeri Serbia dan ibukotanya Beograd, menaklukkan negeri Maurah, menggabungkan Valachie, dan negeri Bosnia serta Herzik. Penduduk negeri-negeri itu lalu masuk Islam hingga dipertahankan keturunannya hingga saat ini. Lalu dia juga menaklukkan sebagian kepulauan Yunani dan Italia, serta menetapkan jizyah kepada banyak pemerintahan. Setelah keberhasilan besar ini pemerintahan Utsmaniyah menjadi kekaisaran Islam yang agung, merealisasikan kegagalan kaum muslimin selama hampir 8 abad dalam menaklukkan Konstantinopel.

Salut untuk Perjuangan Muhammad Al-Fatih beserta pasukannya !

SUBHANALLAH. . . . . . !!

Sumber: buku berjudul ''sejarah Islam sejak zaman nabi Adam hingga abad XX'' oleh Ahmad al-Usairy.
Kumpulan Sejarah Islam (Histories of Islam)
---

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda