Breaking News
Loading...
Kamis, 21 Maret 2013

Info Post
Ditengah melejitnya harga bawang merah dan bawang putih capai Rp.60 ribu/Kg di pasaran hingga sempat membuat pusing 7 keliling ibu rumah tangga, namun ternyata masih ada orang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan, seperti aksi penyelundupan 1000 karung berisi bawang merah dan bawang putih diangkut KM Bunga Tanjung GT 06 No 1481/PHB.S7 asal Malaysia menuju ke perairan Tanjung Siapi-api tak berjalan mulus.
 
Menyusul ketangkap basah oleh kapal patroli BC 8005 bekerjasama dengan  dengan petugas bidang penindakan dan pencegahan Kanwil DJBC Sumut, saat ini kapal penyelundup komoditi yang saat ini harganya sudah melejit itu diamankan di dermaga DJBC Jalan karo Belawan berikut nahkodanya berinisial ES (43).Sabtu sore (16/03/2013).

Keterangan diterima di Belawan menyebutkan, semula KM Bunga tanjung dicurigai bergerak dari perairan Malaysia menuju perairan Tanjung Siapi-api Kabupaten Asahan berkat adanya informasi dari masyarakat. Mendapati Info beharga itu petugas BC segera menindak lanjutinya langsung melakukan patroli BC 8005 hingga menyergap kapal yang dicurigai tersebut.

Benar saja, saat ditanyakan dokumen atas barang bawaan tersebut si nahkoda ES tak mampu menunjukkannya, dalam rangka pengamanan dan proses lebih lanjut terhadap sejumlah barang bukti selanjutnya kapal kayu itu digiring ke dermaga Kanwil DJBC Sumut berikut barang bukti masing-masing bawang putih sebanyak 74 karung @9 Kg=666Kg, bawang merah sebanyak 926 karung @9Kg=8.334 Kg. 

Petugas BC menerangkan akan menjerat tersangka nahkoda pembawa bawang putih dan bawang merah selundupan tersebut dengan pasal 102 UU nomor 10 tahun 1995 tentang kepabeanan sebagai mana yang telah diubah dengan UU no 17 tahun 2006, tersangka juga dinilai melanggar Peraturan Menteri Perdagangan nomor 06/M-dag/Per/1/2013 tanggal 30 januari 2013 tentang pelimpahan kewenangan penerbitan impor produk holtikultura, sehingga diperkirakan mengalami kerugian bagi negara.(db)

http://www.suaranews.com/
 

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda