Breaking News
Loading...
Kamis, 27 Maret 2014

Info Post
Bismillah …

Kita sepatutnya mengapresiasi kerja tim Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyajikan data informasi korupsi di website resminya: http://antikorupsi.org/ sehingga berbagai elemen masyarakat bisa mengambil data korupsi dengan mudah, lalu membuat resume. Inilah keterbukaan informasi, sehingga semua orang bisa membuat data dan grafik sendiri “base on” himpunan berita yang ada.



Ada hal menarik, ketika ada bagian dari elemen masyarakat merilis tabel dan grafik partai korup melalui akun twitter @KPKwatchRI, dengan dasar utama yang dipakai dalam penyusunannya adalah situs ICW. Tabel dan grafik tersebut adalah sebagai berikut:


Update Maret 2014 | Versi sebelumnya di sini

dan Tabel Besar Kerugian Negara:


Kemudian, Indeks Partai Korupsi berdasarkan hasil Pemilu 2009:


Update Maret 2014 | Versi sebelumnya di sini

Tabel dan grafik di atas juga diikuti dengan detail nama-nama politisi pada masing-masing partai. Setelah rilis tersebut tersebar luas, ternyata mendapat bantahan dari ICW melalui akun twitter @sahabatICW yang menyatakan bahwa rilis tersebut bersifat HOAX [Twit 1] dan [Twit 2].

Tidak dijelaskan, hoax-nya di bagian mananya. Namun, menurut penilaian saya, pencantuman logo ICW pada tabel dan grafik yang dibikin @KPKwatchRI adalah tidak pada tempatnya, kecuali sebelumnya mereka berkolaborasi dalam penyusunan dan ada kesepakatan bersama. Tim @KPKwatchRI telah menyampaikan alasan bahwa pencantuman logo ICW adalah bentuk apresiasinya atas keterbukaan informasi yang dilakukan ICW terhadap websitenya [Twit 3]. Mereka menganggap bahwa hal tersebut adalah bagian dari prinsip / etika jurnalisme secara umum, yaitu jika mengambil bahan / data harap mencantumkan sumbernya. [Twit 4]. Itu betul, mereka telah menampilkan sumbernya, namun tidak tepat untuk pemakaian logo organisasi, ada aturan bakunya sehingga tidak sembarangan ditempatkan dalam bagian publikasi. Semoga ini menjadi masukan bagi tim @KPKwatchRI yang telah mempunyai niat baik mencerdaskan masyarakat melalui budaya: Speak with data / fact.

Namun demikian, saya tetap mengapresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras tim @KPKwatchRI yang membuat publikasi tersebut. Resume yang mereka himpun menurut saya BUKAN HOAX, karena sumbernya jelas, nama-nama koruptornya mudah ditelusuri [lihat daftarnya di Halaman 2 jurnal ini].

Saya coba rangkum dari chirpstory, tentang bagaimana tim @KPKwatchRI melakukan proses pengambilan data dari website resmi ICW antikorupsi.org untuk mendapatkan tabel partai-partai korup. Urutan prosesnya sebagai berikut:
  1. Buka website ICW antikorupsi.org, di situ ada “Search” dan “Dokumen”.
  2. Kemudian Download data ICW yang ada di menu “Dokumen”.
  3. Ada menu “Search” yang bisa kita isi dengan 2 suku kata, maka siapkan kata pencarian 2 suku kata tersebut untuk mencari kasus korupsi pada periode tersebut. Contoh: kita search dengan kata “Bupati Korupsi”, maka akan didapat puluhan berita bupati korupsi. Coba search dengan kata “Korupsi APBD” akan muncul puluhan link berita korupsi.
  4. Kemudian catat Nama, Jabatan, Kerugian negara, Kasus, Partai, Status yang ada di link hasil pencarian tersebut.
  5. Kemudian pisahkan berdasarkan partai, sehingga jelas hasilnya, seperti grafik dan tabel di sini.
  6. Ricek kembali nama-nama tersebut di website berita online lain untuk keakuratan data.
  7. Dari ribuan berita kasus korupsi, di dapatkan 300an nama kader parpol tersangkut. Setelah dipisahkan didapatkan hasilnya seperti ini.
  8. Selanjutnya dikembangkan dalam bentuk tabel atau grafik.
  9. Kelemahan, ada sekitar 1-2% data yang mungkin tidak masuk, atau seharusnya tidak masuk.
  10. Sangat mungkin ada nama misal: A mendapat vonis/status tersangka. Dalam prosesnya dibebaskan hakim, namun tidak diberitakan media. Jika terjadi hal demikian, mereka segera melakukan klarifikasi pemulihan. Untuk itu ditunggu masukan dari publik follower @KPKwatchRI.
Kita perlu mengacungkan jempol atas kerja keras tim @KPKwatch_RI yang berani me-resume data dan merilisnya. Itu bukanlah hal yang mudah, perlu ketelitian karena harus bisa dipertanggung-jawabkan. Kabarnya, tim @KPKwatchRI juga akan meneliti website http://infokorupsi.com/ untuk membuat ranking serupa sebagai pembanding. Mari kita tunggu rilisnya.

[Update 12 Maret 2014: Tim KPK Watch RI sudah merilis update grafik tersebut lebih lengkap berdasarkan hasil resume-nya pada polri.go.id, mahkamahagung.go.id, infokorupsi.go.id, kpk.go.id, korupedia.org, kejaksaan.go.id]

Jika kemudian ICW mengeluarkan rilis partai korupsi periode 2002-2014, mungkin hasil persentase tidak berbeda jauh dengan yang dimiliki tim @KPKwatchRI. Mengingat pada tahun lalu, ICW telah merilis kondisi partai korup pada periode tahun 2013, dengan hasil sebagai berikut:


Itulah fakta tentang partai juara korupsi, sepertinya beda jauh dengan anggapan masyarakat selama ini (terutama yang rendah tingkat pendidikannya atau tidak melek internet) tentang partai korup akibat keracunan persepsi media.

Pemilu tinggal dua bulan lagi, namun sampai sekarang ICW belum merilis data resume secara lengkap seperti yang dilakukan tim @KPKwatch_RI. Apakah ICW belum bisa menerima fakta bahwa partai paling korup ternyata bukan partai yang selama ini mereka persepsikan buruk, yang mereka kritik habis-habisan, tidak peduli benar atau salah sumbernya.

Ingat, dulu ICW pernah membabi buta menyerang, mendiskreditkan, dan mewacanakan pembubaran partai yang mereka persepsikan paling korup. [sila baca di sini]. Tampak ngawur sekali, tidak paham UU parpol, berwacana dengan tidak merasa perlu data dan sumber. Justru partai yang diserangnya itu faktanya malah paling buncit index korupsinya.

Oleh karena itu, mari kita dorong ICW atau KPK membuat rilis partai korup untuk masa depan RI yang lebih baik. Mari jadikan ini perhatian kita bersama agar korupsi bisa hilang dengan sebenarnya, dengan berhati-hati pada partai korup. ICW sudah ditantang tim @KPKwatch_RI untuk mengeluarkan resume data partai korup menjelang pemilu ini. Berani tidak?!
Sebelum terlalu dini bilang Hoax, mestinya ICW berterimakasih karena sudah dibantu menyusun dan me-resume data partai korup, tinggal lihat satu per satu data dari tim @KPKwatch_RI. Silakan check saja, cocokkan nama-namanya. Yang keliru diluruskan dengan baik. Jangan melihat siapa yang bicara, validasi saja datanya, tinggal googling, informasinya umum. Gampang, bukan?!

Kita semua pun juga bisa mem-validasinya sendiri, tidak harus menunggu rilis ICW. Kita mempunyai tanggung jawab moral untuk menyampaikan data yang sebenarnya tentang korupsi di negeri ini, untuk diberantas bersama-sama, tanpa pandang bulu dan tebang pilih. Sudah saatnya masyarakat luas dicerdaskan dengan data dan fakta, bukan dijebak dengan opini atau persepsi media. Tanpa penyajian data dan fakta, semua pihak akan dengan bebas melakukan penyesatan opini.

Beruntungnya Partai-Partai Juara Korupsi

Media-media corong parpol jawara korupsi sudah sering terlihat berusaha menyesatkan opini, mengeliminasi isu korupsi agar tidak terkesan berimbas pada partainya. Saat kasus korupsi terungkap, sebisa mungkin untuk tidak terlalu vulgar menyebut nama partainya. NAMUN kalau yang korupsi adalah berasal dari parpol lawan politiknya, meski masih berstatus terduga sekalipun, akan di-blow up habis-habisan oleh jaringan media partisannya, dibicarakan terus sepanjang tahun. Seakan-akan partai itulah yang paling korup, kalau perlu kehidupan rumah tangga kader-kadernya ditelanjangi, hingga mengakar buruk dalam persepsi masyarakat. Fokus di masyarakat saat ini sudah tergambar seperti ini:

Sumber gambar: FP FB Ironisia

Let’s speak with data / facts, sebab kinerja hanya bisa dinilai dengan data-data, sedangkan citra bisa dibentuk atau dihancurkan oleh opini.
Sekarang Anda sudah tahu faktanya.

Tahun 2014, Jangan Golput ya. Golput alias Golongan Putus asa sudah terbukti tidak merubah keadaan.

Bicara tentang perubahan, ada pencerahan dari Pak Ganjar Widhiyoga (kandidat doktor ilmu hubungan internasional) yang menarik untuk disimak: 



Daftar Politisi Yang Tersangkut Hukum Pidana Korupsi.
 
Dirilis oleh Tim @KPKWatchRI


Sumber: http://chirpstory.com/li/188931



URUTAN 3 BESAR JUARA KORUPSI

[Update inprogress]

PDIP
1
Izedrik Emir Moeis
Anggota DPR RI
2
Wijanarko Puspoyo
Mantan Kabulog / Anggota DPR RI
3
Agus Condro
Anggota DPR RI
4
Panda Nababan
Anggota DPR RI
5
Dudhi Makmun Murod
Anggota DPR RI
6
Muhammad Iqbal
Anggota DPR RI
7
Poltak Sitorus
Anggota DPR RI
8
Jeffrey Tongas Lumban
Anggota DPR RI
9
Budiningsih
Anggota DPR RI
10
Rusman Lumban Toruan
Anggota DPR RI
11
Williem Tutuarima
Anggota DPR RI
12
Engelina Pattasina
Anggota DPR RI
13
Mathoeos Pormeos
Anggota DPR RI
14
Max Moein
Anggota DPR RI
15
Ni Luh Matiani Tirta Sari
Anggota DPR RI
16
Soetanto Pranoto
Anggota DPR RI
17
Soewarno
Anggota DPR RI
18
Eka Santosa
Anggota DPR RI
19
Ida Bagus Putu Wesnawa
Anggota DPRD Bali
20
Suryatmaja
Anggota DPRD Bali
21
I Made Arimbawa
Anggota DPRD Bali
22
Wayan Sutena
Anggota DPRD Bali
23
Bambang Eko Prabowo
Gunung Kidul
24
Ternalem PA
Gunung Kidul
25
Isdanu Sismiyanto
Gunung Kidul
26
Endro Subektyo
Gunung Kidul
27
Warto
Gunung Kidul
28
Paiman
Gunung Kidul
29
Supriyo Hermanto
Gunung Kidul
30
Sukijan
Gunung Kidul
31
FX Ngatijan
Gunung Kidul
32
Untung Nurjaya
Gunung Kidul
33
Samintoyo Suprapto
Gunung Kidul
34
Yogi Pradana
Gunung Kidul
35
Supriyono
Gunung Kidul
36
Daniel Toto Indiono
DPRD Jawa Tengah
38
Murdoko
Ketua DPRD Jawa Tengah
39
Agus Samiaji
Anggota DPRD Kendal
40
Sutrimo
Anggota DPRD Kendal
41
Dahlan Yusuf
Anggota DPRD Kota Banda Aceh
42
Citoni
Anggota DPRD Kota Cirebon
43
Agung Ciptos
Anggota DPRD Kota Cirebon
44
Suryana
Ketua DPRD Cirebon
45
Adam Suparno
Anggota DPRD Madiun
46
Supranowo
Anggota DPRD Madiun
47
Suwarsono
Anggota DPRD Madiun
48
Wisnu Suwarto Dewo
Anggota DPRD Madiun
49
Wimbo Hartoyo
Anggota DPRD Madiun
50
Antonius
Anggota DPRD Padang
51
Jonhar Junir
Anggota DPRD Padang
52
Budi Widoyo
DPRD Ponorogo
53
Edy Supriyono
DPRD Ponorogo
54
Harmino
DPRD Ponorogo
55
Marsudin Boking Hasan
DPRD Ponorogo
56
Turoechan Asyari
Anggota DPRD Riau
57
Santoso Hutomo
Anggota DPRD Semarang
58
Ismoyo Subroto
Anggota DPRD Semarang
59
Budiardi
Anggota DPRD Seruyan
60
Ery Anshori
Anggota DPRD Seruyan
61
Hj. Suherlina
Anggota DPRD Seruyan
62
Totok S
Anggota DPRD Seruyan
63
Ahmad Sudarmaji
Anggota DPRD Sidoarjo
64
Choiri Nur Afandi
Anggota DPRD Sidoarjo
65
Danoe Bambang
Anggota DPRD Sidoarjo
66
Faris Santoso
Anggota DPRD Sidoarjo
67
Kismantoro
Anggota DPRD Sidoarjo
68
Purwadi Sigarlagi
Anggota DPRD Sidoarjo
69
Salimin
Anggota DPRD Sidoarjo
70
Sukisno Ashariyadi
Anggota DPRD Sidoarjo
71
Suud Hariyanto
Anggota DPRD Sidoarjo
72
Toto Pradopo
Anggota DPRD Sidoarjo
73
Adrean Verik
Anggota DPRD Singkawang
74
Bambang Rusantono
Anggoto DPRD Solo
75
James Patiwael
Anggoto DPRD Solo
76
Purwono
Anggoto DPRD Solo
77
R Suseno
Anggoto DPRD Solo
78
Satrio Hadinagoro
Anggoto DPRD Solo
79
Irvantonius
Anggota DPRD Sumatera Barat
80
Supriyono
Anggota DPRD Tulungagung
81
Edi Tetuko
Anggota DPRD Tulungagung
82
Asep Hidayat
Anggota DPRD Batulawang Banjar
83
Idham Samawi
Bupati Bantul
84
Bambang Bintoro
Bupati Batang
85
Imam Muhadi
Bupati Blitar
86
Indra Kusuma
Bupati Brebes
87
Hambit Bintih
Bupati Gunung Mas
88
Syamsul Hadi Siswoyo
Bupati Jember
89
Rina Iriani Sri Ratnaningsih
Bupati Karang Anyar
90
Hendy Boendoro
Bupati Kendal
91
Lili Hambali Hasan
Bupati Purwakarta
92
Mochamad Salim
Bupati Rembang
93
Eep Hidayat
Bupati Subang
94
Constantin Ganggali
Bupati Talaud
95
Adriansyah
Bupati Tanah Laut
96
Susi Tur Andayani
Caleg DPR RI Lampung
97
Dharmono K Lawi
DPRD Banten
98


99
Sukarni Joyo
DPRD Kutai Timur
100
Dan Pongtasik
DPRD Sulawesi Selatan
101
Muhammad Affan
DPRD Sumatera Utara
102
Siachrial Darham
Gubernur Kalimantan Selatan
103
Narto
Kades Desa Pasi / Ketua Ranting PDIP
104
Theo F. Theomion
Kepala BKPM
105
Maman Yudia
Ketua BK DPRD PDIP Jawa Barat
106
Sukita
DPRD Bali
107
M Yaeni
Ketua DPRD Grobogan
108
Ongge Yohanes
Ketua DPRD Kab. Manggarai NTT
109
Mochammad Basuki
Ketua DPRD Kota Surabaya
110
Aries Marcorius Narang
Ketua DPRD Palangkaraya
111
Suhardo
Ketua DPRD Ponorogo
112


113
Jarot Subianto
Ketua DPRD Sleman
114
Saniman Akbar Abbas
Ketua DPRD Trenggalek
115


115
Freddy H. Sualang
Wakil Gubernur Sulawesi Utara
116
Nyoman Sudharmaja D
Ketua FPDIP DPRD Bali
117
Suwanto
Ketua Komisi A Klaten
118
Libianto
Ketua Komisi B DPRD Lamongan
119
Suyanto
Ketua PAC PDIP Glagah Lamongan
120
Yunus Fangidae
Ketua PDIP Rote
121
Yulius Basiwantoro
Mantan Bendahara PDIP Semarang
122
I Nengah Arnawa
Mantan Bupati Bangli – Bali
123
Endang Setyaningdyah
Mantan Bupati Demak
124
Tasiman
Mantan Bupati Pati
125
Arwin AS
Mantan Bupati Siak
126
Alexander Longginus
Mantan Bupati Sikka Maumere
127
Untung Sarono Wiyono
Mantan Bupati Sragen
128
Agus Riyanto
Mantan Bupati Tegal
129
Mohammad Sahid
Manatan Ketua DPRD Bogor
130
Iwan Hendrawan
Mantan Ketua DPRD Indramayu
131
Agus Samiaja
Ketua DPRD Kab. Kendal
132
Sutrimo
Mantan Ketua DPRD Kab. Kendal
133
Untung Sujono
Mantan Sekretaris DPC PDIP Semarang
134
Muchtar Mohammad
Mantan Walikota Bekasi
135
Djatmiko Royo Saputro
Mantan Walikota Madiun
136
Fahriyanto
Mantan Walikota Magelang
137
John Manuel Manoppo
Mantan Walikota Salatiga
138
Bambang DH
Mantan Walikota Surabaya
139
Ismail Ishak
Wakil Bupati Mesuji
140
Kusen Andala
Wakil Bupati Jember
141
Freddy H Sualang
Wakil Gubernur Sulawesi Utara
142
Ida Bagus Suryatmaja
Wakil Ketua DPRD Bali
143


144
Muchtar Setijohadi
Wakil Ketua DPRD Bojonegoro
145
Dede Suryamah
Wakil Ketua DPRD Cianjur
146
Bambang Hermawan
Wakil Ketua DPRD Karanganyar
147
Sri Utami Djatmiko
Wakil Ketua DPRD Salatiga
148
Sumi Harsono
Wakil Ketua DPRD Sidoarjo
149
Tito Pardopo
Anggota DPRD Sidoarjo
150
Tri Endroyono
Anggota DPRD Sidoarjo
151
Rusli Abdullah
Wakil Ketua DPRD Kab. Pontianak
152
Sujiwo
Ketua DPRD Kubu Raya
153
Sugianto
Wakil Ketua DPRD Tebo
154
Gde Widnjana Dangin
Wakil Ketua FPDIP DPRD Bali
155
Ahmad Dimyati
Wakil Walikota Banjar
156
Romi Harton
Walikota Palembang
157
Soemarmo Hadi Saputro
Walikota Semarang



GOLKAR
1
Akil Mukhtar
Ketua MK
2
Zulkarnaen Djabar
Anggota DPR RI
3
Fath A Rafiq
Ketua MKGR Pengurus Golkar
4
Atut Ratu Chosiyah
Anggota DPR RI
5
Chairun Nisa
Anggota DPR RI
6
Baharudin Aritonang
Anggota DPR RI
7
Bobby Suhardiman
Anggota DPR RI
8
Hamka Yamdu
Anggota DPR RI
9
Asep Ruchimat Sudjana
Anggota DPR RI
10
Abdul Hafidz Zawawi
Anggota DPR RI
11
TM Nurlif
Anggota DPR RI
12
Hengky Baramuli
Anggota DPR RI
13
Andiwarsita Adinugroho
Anggota DPR RI
14
Martin Brian Seran
Anggota DPR RI
15
Paskah Suzzetta
Anggota DPR RI
16
Reza Kamarullah
Anggota DPR RI
17
Iqbal Wibisono
Anggota DPR RI
18
Muhammad Faizal Aswan
Anggota DPRD Riau
19
Abu Bakar Siddik
Anggota DPRD Riau
20
Zulfan Heri
Anggota DPRD Riau
21
Dani Setiawan
Gubernur Jabar
22
Ismeth Abdullah
Gubernur Kep. Riau
23
Jimo Bin Pawiro Dirjo
Wakil Ketua DPRD Bandar Lampung
24
Abdullah Puteh
Guburnur Aceh
25
Rusli Zainal
Gubernur Riau
26
Syamsul Arifin
Gubernur Sumatera Utara
27
Suwarna Abdul Fatah
Mantan Gubernur Kaltim
28
Saleh Djasit
Mantan Gubernur Riau
29
Anthony Ziedra Abidin
Wakil Gubernur Jambi
30
Yohannes Eluay
Ketua DPRD Kabupaten Jayapura
31
H. Zakri Abdullah
Ketua DPRD Pelawan
32
Jimmy Harianto
Ketua Komisi A DPRD Lamongan
33
Andi Irsan Idris Galigo
Anggota DPRD Bone
34
Agus Prastiyo
Anggota DPRD Grobogan
35
Sugiyarno
Anggota DPRD Grobogan
36
Bandung Joko Suryono
Anggota DPRD Solo
37
Sali Basuki
Anggota DPRD Solo
38
Yarikus Dimang
Wakil Ketua DPRD
39
Suhadi
Anggota DPRD Kota Madiun
40
Yohanes Sinulingga
Anggota DPRD Kota Madiun
41
Guntur Eko
Anggota DPRD Sidoarjo
42
Muhammad Ato’l Towali
Anggota DPRD Sidoarjo
43
Agus Supriyadi
Bupati Garut
44
Syamsuri Aspar
Plt Bupati Kutai Kartanegara
45
Syaukani
Bupati Kutai Kartanegara
46
Jules Fitzgerald Warikar
Bupati Kabupaten Supior
47
Daud Soleman Betawi
Bupati Kab. Yapen Waropen
48
I Wayan Geredeg
Bupati Karang Asem
49
Daeng Rusnadi
Bupati Natuna
50
Tengku Azmun Jafar
Bupati Pelawan Riau
51
Arifin Manap
Walikota Jambi
52
Jimmy Rimba Rogi
Walikota Manado
53
Abdillah
Walikota Medan
54
Jefferson Soleiman
Walikota Tomohon
55
Amran Batalipu
Bupati Buol
56
Iskandar
Mantan Bupati Lombok Barat
57
Sunaryo
Wakil Walikota Cirebon
58
Tanriadjeng
Mantan Walikota Palopo
59
Baso Amiruddin Maula
Mantan Walikota Makassar
60
Tubagus Aat Syafaat
Walikota Cilegon
61
Arifuddin
Bendahara Golkar Bulukumba
62
Andi Harahap
Bupati Penajam Paser Utara
63
Ahmad Hidayat
Buapati Kepulauan Sula
64
Wendy Melfa
Mantan Bupati Lampung Selatan
65
Baryadi
Gunung Kidul
66
Projo Hardjono
Gunung Kidul
67
Sukar
Gunung Kidul
68
Sayuti
DPRD Sampang
69
Nyoman Gede Astawa
Wakil Ketua DPRD Bali
70
Suwandi
Mantan Wakil Bupati Mojokerto
71
Ramlan Zas
Mantan Bupati Rokan Hulu
72
Jonaidi Syahri
Wakil Ketua DPRD Seluma
73
Ali Sahono
Anggota DPRD Madiun



DEMOKRAT
1
Andi Malarangeng
Menteri Pemuda dan Olahraga
2
Angelina Sondakh
Anggota DPR RI
3
Nazaruddin
Anggota DPR RI
4
Amrun Daulay
Anggota DPR RI
5
Andrias Palino Popang
Anggota DPR RI
6
As’ad Syam
Anggota DPR RI
7
Sarjan Taher
Anggota DPR RI
8
Satono
Anggota DPR RI
9
Sukawi Sutarip
Anggota DPR RI
10
Yusran Aspar
Anggota DPR RI
11
Siti Hartati Murdaya
Dewan Pembina Demokrat
12
Ali Akbar Wijaya
Anggota DPRD Kalimantan Selatan
13
Ali Baderun
Anggota DPRD Kalimantan Selatan
14
Hera Farina
Anggota DPRD Kalsel
15
Agusrin Najamuddin
Gubernur Bengkulu
16
Wisnu Wardhana
Ketua DPRD Surabaya
17
Yusak Yaluwo
Bupati Boven Digul
18
Ismunarso
Bupati Situbondo
19
Muman Effendi
DPRD Seluma
20
Tengku Muhazza
Anggota DPRD Riau
21
Robert Edison Siahaan
Walikota Pematang Siantar
22
Mohammad Santoso
Bupati Bojonegoro
23
Abubakar Achmad
Bupati Dompu NTB
24
Binahati B Baeha
Mantan Bupati Nias
25
Fahumusa Laila
Bupati Nias Selatan
26
Dada Rosada
Walikota Bandung
27
Djufri
Walikota Bukittinggi
28
Rita Heriati
DPRD Kab. Kuningan
29
Kadar Slamet
DPRD Jawa Barat
30
Hidayat Batubara
Bupati Mandailing Natal
31
Murman Effendi
Bupati Seluma
32
Basyrah Lubis
Bupati Padang Lawas
33
Thaib Armaiyn
Gubernur Maluku Utara
34
Burhan Abdurrahman
Walikota Ternate
35
Sosimus Mitang
Bupati
36
Raja Tamsir Rachman
Bupati Indragiri Hulu
37
Kasmin Simanjuntak
Bupati Toba Samosir
 

Salam hangat tetap semangat,

Iwan Yuliyanto

15.02.2014


Lanjut ke halaman: DI LUAR 3 BESAR JUARA KORUPSI

sumber
---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda