Breaking News
Loading...
Jumat, 12 Desember 2014

Info Post
Abbas Alizada, Bruce Lee Afghanistan Yang Gemparkan Dunia


Kabul - Dari reruntuhan sebuah istana di Kabul, ibu kota Afghanistan, seorang pemuda dengan wajah dan postur tubuh mirip Bruce Lee memperagakan tendangan kungfu. Beberapa hari kemudian media heboh dengan kehadiran Bruce Lee dari Afghanistan. Dari TV Peru sampai Reuters ikut mempublikasikan.


Abbas Alizada, demikian nama pemuda berusia 20 tahun itu, memposting foto-foto dan video-nya di Facebook dengan judul Bruce Lee Hazara. Ia berpose nyaris mirip dengan Bruce Lee, legenda film laga Hong Kong.


Foto-foto itu diposting dari kios internet kecil di Kabul pekan ini. Alizada berharap kemiripan wajah dan tubuhnya dengan Bruce Lee menyita perhatian pengguna media sosial di seluruh dunia.

"Saya ingin menjadi juara di negara saya," ujar Alizada saat ditemui di Istana Darulaman Kabul, tempat dia berlatih double stick (nunchaku), dua kali sepekan.

Ada foto-foto Bruce Lee di tempatnya berlatih. Ia juga memotong rambutnya seperti Bruce Lee. Ia melakukan push up dengan ujung jari, dan melakukan sparing dengan dua mitra latih tandingnya.

Dua asisten mengusap kening dan merapikan rambut saat akan tampil di depan kamera. Alizada adalah wajah lain Afghanistan, negeri yang tak lelah dikoyak perang, dengan masyarakat tanpa mimpi terlepas dari kekerasan.

Alizada berasal dari keluarga miskin. Orang tuanya memiliki sepuluh anak, yang membuatnya tidak mampu membiayai Alizada masuk ke akademi wushu, seni bela diri Tiongkok campuran.


Istana Darulaman dibangun tahun 1920 oleh Raja Amanullah Khan. Istana itu menghadapi ke gedung parlemen. Tidak lagi memiliki atap, dan seluruh tembaknya berlubang oleh peluru.

Alizada menolak nama Bruce Hazara, nama yang diberikan rekan-rekannya. Hazara mengacu pada warisan etnis. "Saya lebih suka disebut Bruce Lee Afghanistan, mengacu pada nama negara," ujarnya.


Bruce Lee Hazar, manurut Alizada, mencerminkan 'pengaggungan etnis' -- persoalan yang memecah belah Afghanistan dan membuat perang tak sudah.

Alizada bukan sekadar mirip Bruce Lee. Ia juga memiliki kemampuan beladiri, meski berlatih dengan cara sendiri. Ia memenangkan turnamen seni bela diri di Kabul.

Afghanistan kini punya cerita lain, selain perang, pembunuhan, dan pembantaian, yaitu Bruce Lee Afghanistan bernama Abbas Alizada.

Tonton video 'aksi kungfu' Abbas Alizada yang sangat mirip dengan Bruce Lee:


---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda