Breaking News
Loading...
Rabu, 18 Februari 2015

Info Post
JAKARTA - Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM)  menilai vonis praperadilan yang membebaskan Budi Gunawan (BG) dari status tersangka adalah membahayakan hukum di Indonesia. Hal ini karena ke depan bisa saja semua tersangka koruptor melakukan gugatan praperadilan seperti yang dilakukan BG.

Direktur Pukat UGM, Zainal Arifin Muchtar menyatakan ke status tersangka tidak menjadi suatu hal yang menakutkan lagi. Karena, kata dia, ke depan orang ramai-ramai bisa menggugat status tersangka. 


"Semisal ada koruptor jadi tersangka, dia langsung mengajukan praperadilan agar bebas dari status tersangkanya," kata dia, Senin (16/2).

Zainal menyayangkan harusnya hakim lebih bijak dalam memutuskan perkara yang ada. Ini, kata dia, menjadi yang pertama dalam sejarah hukum Indonesia tentang status tersangka seseorang yang bisa dibatalkan melalui proses praperadilan. 

"Saya takut ini bisa dijadikan pijakan buat hakim lain di masa depan. Mereka  bisa memutus bebas tersangka di praperadilan dalam kasus lain," ujarnya.

Sebelumnya praperadilan yang dipimpin Hakim Sarpin Rizaldi mengabulkan sebagian gugatan BG, Senin (16/2). Hakim menilai penetapan tersangka untuk BG oleh KPK adalah tidak sah.

Dengan keluarnya putusan sidang tersebut, otomatis sprindik KPK terkait penetapan tersangka BG tak sah dan tak berdasar secara hukum. 

---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda