Breaking News
Loading...
Selasa, 22 Oktober 2013

Info Post
Sebuah Catatan Tahun 2008

Pemilihan kepala daerah di Jawa Barat telah memberikan gambaran yang menarik untuk dicermati. Bukan soal pelaksanaannya atau berapa calon yang maju, atau adanya calon perseorangan, melainkan adanya kisah keluarga yang ingin berkiprah di dunia pemerintahan. Itu terjadi di Jawa Barat.


Maksudnya apa? Ada fenomena dimana bapak dan anak punya niat yang sama untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah. Bukan sebatas itu, satu rumpun keluarga punya maksud dan harapan yang sama maju dalam pemilihan. Hal ini mungkin sesuatu yang baru dalam demokrasi sepert saat ini. Satu rumpun keluarga punya kiprah yang sama, yakni ingin terjun kedunia pemerintahan. Inilah kisahnya.

Bupati Bogor saat ini H. Agus Utara Effendi punya kakak bernama Hj. Rahayu Effendi, seorang artis yang terkenal di era 1970-an. Rahayu punya anak bernama Yusup Macan Effendi atau dikenal dengan nama Dede Yusuf. Pada 13 April lalu, takdir dan amanat rakyat Jawa Barat menetapkan Dede Yusuf yang berpasangan dengan Ahmad Heryawan menjadi wakil gubernur periode 2008-3013. Dede menjadi orang kedua di Gedung Sate.

Selain Rahayu Effendi, saudara lain Agus Utara adalah Hj. Utje Choriah, istri dari Aang Hamid Sugandha yang bupati Kuningan. Putra kedua Aang Hamid-Utje ini yakni Erik Irawan Sugandha, saat ini ikut dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bogor. Erik menjadi calon wakil walikota yang berpasagan dengan Doddy Rosadi, Sekda Kota Bogor.

Sementara itu, putra dari Agus Utara Effendi, yakni Fitri Putra Nugraha yang suka dipanggil Nungki, mencalonkan diri sebagai Bupati Bogor dari Partai Golkar. Ia berpasangan dengan Endang Kosasih, anggota DPR RI dari PPP.

Dede Yusuf sudah terpilih dan menjadi wakil gubernur. Agus Utara sudah memimpin Kab. Bogor selama dua periode yakni 1998-2003 dan 2003-2008. Aang Hamid memimpin Kab. Kuningan dan akan maju lagi dalam pemilihan bupati.

Sementara, Fitri Putra Nugraha maju dalam pemilihan Bupati Bogor 24 Agustus ini, sedangkan Erik Irawan Sugandha maju sebagai wakil walikota Bogor pada pemilihan 25 Oktober mendatang.

Ada sedikit perbedaan unik dalam rumpun ini yakni partai. Fitri Putra Nugraha adalah Ketua DPD Golkar Kab. Bogor, Dede Yusuf adalah wakil Sekjen DPP PAN, Erik Irawan Sugandha dicalonkan PPP dan PAN. Aang Hamid Sugandha dulu dicalonkan PDI Perjuangan akan maju kembali, sedangkan Agus Utara dicalonkan pada pemilihan Bupati 2003 lalu oleh Partai Golkar.


Kisah rumpun keluarga ini sangat menarik. Sebuah keluarga yang melahirkan para pemimpin di Jawa Barat. Baik itu tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Rumpun keluarga yang terjun ke dunia pemerintahan. Bagaimana kalau ada pertemuan dalalm keluarga ini? Mungkin masalah pemerintahan dan kepemimpinan daerah di Jawa Barat menjadi perbincangan yang seru, baik suka maupun dukanya.[tribun,2008]


Baca juga: Daftar Dinasti Politik lainnya
---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda