Breaking News
Loading...
Sabtu, 25 Oktober 2014

Info Post

Oleh: Dr. Y. Paonganan 
(Direktur Indonesia Maritime Institute, Pakar maritim Indonesia)

sy akan ulas dikit ttg TOLol Laut ala jokowi, meski ini tak pantas sy ulas tp utk pencerahan bolehlah...:))

1. kata TOL itu sgt identik dengan jalan tol di kota2 (daratan) artinya jalan bebas hambatan kebanyakan berbayar....

2. penggunaan kata TOL utk transporrtasi laut itu menandakan si pencetus ide adalah pemikir darat yg coba ke laut..mungkin ga tau renang tuh

3. kalau ide TOLol Laut itu maksudnya transportasis laut bebas hambatan, bukankah kapal2 yg berlayar selama ini di lautan bebas hambatan?

4. TOlol Laut yg dicetuskan si jokowi adalah mengadakan kapal2 raksasa utk melayani pelayaran logistik Barat-Timur NKRI PP

5. maksudnya adalah utk mengefisienkan biaya logistik agar harga barang di Timur dan Barat seragam...#ideTOLol

6. pertaanyaan mendasar, apa yg sebabkan harga barang di Timur dan Barat berbeda...? lalu apaa solusinya..? harusnya ini dulu yg dijawab.!

7. yang membuat harga barang di Timur mahal krn biaya angkut kapal kesana tinggi, apakah TOLol Laut bisa menekan biaya angkut..? TOLOL..!

8. lalu mengapa biaya angkut logisktik dari Jkt/Sby-Papua mahal..? apakah krn kapal yg skr kecil2 lalu butuh kapal raksasa..?? TOLOL..!

9. jawaban: jarak jkt-papu itu ribuan km, butuh cost operasional kapal yg besar utk bisa sampai ke sana, tentu berdampak pada biaya angkut

10. biaya angkut jadi berlipat karena kapal yg kembali dari papua kebanyakan kosong, kalopun ada muatan itu pisang atau sagu..:)

11. sehingga pemilik kapal krn tdk akan mau merugi, melipat gandakan biaya angkut logistik, krn kapal balik dari sana dihitung kosong.

12. otomatis pemilih barang akan menaikkan harga barang itu di papua dan sekitarnya krn memperhitungkan biaya angkut yg mahal itu..

13. tekan biaya logistik solusinya bkn dgn mengganti kapal2 kecil dgn kapal2 raksasa, itu malah mkn membebani krn cost opersional berlipat

14. kalau jokowi adakahn kapal2 raksasa itu pake APBN atau swasta, lalu siapa yg subsidi biaya operasional kapal yg kembali kosong itu..?

15. jadi TOLol Laut itu menurutku adalaah ide asal nyeplak tanpa paham permasalahan dan solusinya...#TOLOL

15b. pertanyaan yg muncul kemudian, lalu baagaimana mengefisienkan biaya logistik di NKRI...? jawaban sy: Pahami NKRI sbg negara kepulauan!!

16. setelah itu bangun sentra2 industri dan pusat2 ekonomi merata se NKRI, ototmatis angkutan logisitik akan balance, biaya akan turun

itu sedikit ulasan sy ttg ide TOLol Laut si jokowi yg asal ngomong..jadi ingat banjir jakarta yg tak beres2 nih...:))

*dari kultwit @ypaonganan (Selasa, 7/10/2014)

---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda