Breaking News
Loading...
Selasa, 18 November 2014

Info Post
Swedia merupakan negara pertama di Benua Eropa yang mengakui Palestina

Raja Swedia, Carl XVI Gustaf mengirimkan surat resmi kepada Pemerintah Palestina. Surat tersebut berisi ucapan selamat hari deklarasi kemerdekaan Palestina.

Surat dari Raja Gustaf tersebut semakin memperkokoh posisi Swedia dalam mendukung Palestina. Sebelumnya, Swedia merupakan negara pertama di Benua Eropa yang mengakui negara tersebut.

"Dalam perayaan hari nasional Palestina saya ucapkan selamat dan saya berharap kesejahteraan tetap terus bersama warga Palestina," tulis Raja Gustaf seperti dikutip darii24, Senin (17/11/2014).

Ucapan selamat dari Raja Gustaf ini, menurut Direktur Jenderal Timur Tengah dan Afrika Utara Kementerian Luar Negeri Swedia, Robert Rydberg adalah yang pertama. Ia pun percaya masih ada hal baik lain yang akan dilakukan Swedia terhadap Palestina.

Pengakuan Swedia terhadap Palestina tak bisa dipungkiri mengundang kemarahan dari Israel. Bahkan dalam beberapa kesempatan kedua negara terlibat perang kata-kata.

Melalui Menteri Luar Negerinya, Avigdor Lieberman, Israel menyebut keputusan Swedia ini patut disayangkan. Pasalnya, apa yang diambil Swedia sama saja dengan mendukung tindakan ekstrem yang dilakukan Palestina.

Selain perang kata-kata langkah lebih mengejutkan juga diambil negeri zionis. Mereka memutuskan menarik duta besarnya dari Swedia.

Namun, langkah Israel sama sekali tak dipedulikan Swedia. Negara ini bersikeras mengakui kemerdekaan Palestina.

Sikap tersebut diapresasi Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. Tak tanggung-tanggung, Abbas mengatakan keputusan Swedia ini adalah sebuah peristiwa bersejarah. (Ein)

---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda