Breaking News
Loading...
Selasa, 19 Mei 2015

Info Post

Sudah tidak diragukan lagi jika kita semua tidak bisa terlepas dari mengkonsumsi Mie Instan dalam kehidupan sehari-hari. Walau kebiasaan memakan Mie instan dibilang jelek, tetapi masih banyak orang yang makan Mie Instan. Bahkan tidak jarang yang bersikap acuh dan cuek akan bahaya mie instan yang mengancam tersebut.
Penyebab kanker
Telah diketahui bahwa permukaan Mie instan dilapisi oleh lilin. Inilah kenapa mie tidak pernah lengket satu sama lain.
Lilin ini sangat membahayakan kesehatan tubuh, karena tubuh kita butuh waktu lama untuk mencerna lilin ini, yakni sekitar dua hari.

Jika zat ini terus menumpuk dalam tubuh, kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker sangatlah tinggi. Misalnya, kanker hati, usus, atau leukimia. Tak hanya lilin dari mie instan. Bumbunya pun yang mengandung banyak zat aditif seperti MSG yang bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh
Tips Makan Mie Instan
Untuk meminimalisir bahaya makan mie instan, berikut ada beberapa tips mudah yang bisa Anda ikuti.
1. Beri jangka waktu
Jika Anda memang tidak bisa lepas dari konsumsi mie instan, sebaiknya jangan setiap hari memakannya. Setelah makan mie instan, beri jangka waktu sekitar 3 hari bila ingin memakannya lagi.
Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi tubuh agar bisa mencerna lilin (pelapis mie) sampai benar-benar habis dan tidak menumpuk di tubuh. Penumpukkan lilin sangat berbahaya bagi tubuh.
Lebih baik menjaga kesehatan daripada nikmat sesaat.
2.  Tiriskan dan bilas
Saat memasak mie instan, Anda tentu merebus mie terlebih dahulu dengan air mendidih. Setelah mie instan yang anda masak tersebut telah matang jangan langsung mengkonsumsinya. Bahaya makan mie instan yang ada kandungan lilinnya selalu mengancam anda. Jadi tiriskan dulu mie yang telah matang tersebut.

Untuk mie instan goreng, setelah mie masak, tiriskan lalu bilas lagi dengan air matang bersih.

Untuk mie instan kuah, setelah mie matang, jangan langsung dibubuhi bumbu mie instan. Tiriskan dahulu mie-nya, lalu buang air sisa perebusan mie. Untuk kuah, Anda bisa memakai air panas yang baru.

Perlakuan ini untuk meminimalisir masuknya zat lilin ke dalam tubuh. Saat mie direbus, lilin bisa lepas dari mie dan menyatu dengan air rebusan. Itulah sebabnya, sebaiknya jangan mengkonsumsi air rebusan mie.
3.  Jangan mencampur bumbu ketika masak
Memasak mie instan memang menyenangkan. Apalagi ketika mie instan sudah matang. Namun perlu sedikit diketahui bahwa ketika memasak mie instan jangan mencampurkan bumbu yang ada pad instan dalam kondisi memasak.

Pada bumbu mie instan juga terdapat kandungan berbahaya yang akan semakin aktif ketika dimasak dalam suhu yang tinggi. Untuk mengurangi bahayanya biasanya dalam mencampurkan bumbu tersebut dicampurkan ketika mie instan sudah diangkat dari kompor.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi bahaya dari bumbu mie instan. Namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Padahal jika kita mau membaca pada label kemasan mie instan juga sudah dianjurkan untuk mencampurkan bumbu setelah diangkat dari kompor.
4. Buang Minyak ada yg pada kemasan
Membuang bumbu Minyak yg tersedia bersama Bumbu lain.
Kandungan minyak tersebut tentu membayakan kesahatan kita, karena minyak yg masuk tidak tidak terolah dengan baik(tidak termasak) sehingga dapat menimbulkan timbunan lemak tidak sehat pada tubuh anda yang dapat mengakibatkan bentuk tubuh anda menjadi tidak ideal
5. Buatlah bumbu sendiri
Sekalipun merepotkan jika kita harus membuat bumbu sendiri, tapi ketahuilah bahwa kandungan bumbu yg disediakan dalam kemasan mie instan memiliki kandungan bahan pengawet yg berperan cukup besar dalam bahaya mengkonsumsi mie instan. karena itu akan jauh lebih baik jika kita membuat bumbu sendiri dengan rempah rempah yg dapat dengan mudah kita temui pada pasar tradisional maupun pan modern.
So...katakan tidak untuk menkonsumsi mie Instan dengan tidak benar. agar hidup kita lebih sehat dan hidup lebih lama.
Kalau sangat-sangat tidak kepepet jangan makan mie instan

sumber: Kaskus
---
Komentar anda

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda