Breaking News
Loading...
Senin, 11 Februari 2013

Info Post
YOGYAKARTA terkenal dengan tujuan wisata kuliner dan belanja yang menggoda. Deretan pantai indah juga dimiliki Kota Gudeg ini.
 
Berikut beberapa destinasi wisata pantai yang terdapat di Yogyakarta, seperti dikutip buku Informasi Pariwisata Nusantara dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata:

Parang Tritis

Tak sah rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta dan tidak mengunjungi Pantai Parang Tritis. Pantai ini merupakan pantai yang cukup terkenal. Butiran pasirnya yang halus akan beterbangan tertiup angin menyambut begitu Anda menjejakkan kaki di sana. Pantainya yang landai dengan deretan bukit berbatu dan tebing karang di ujung barat serta deretan pantai-pantai lain di ujung timur membuat pantai ini semakin indah.
 
Bagi yang berjiwa petualang, And dapat mencoba paralayang dari tebing-tebing yang tinggi di sebelah barat. Anda pun dapat mencoba olahraga ekstrem lainnya, yaitu panjat tebing. Jika ingin menikmati suasana pantai, Anda dapat bermain pasir dan menikmati deburan ombak. Namun, jangan sekali-kali mencoba bermain ombak di tengah karena ombak pantai ini cukup berbahaya.
 
Untuk bisa menuju Parang Tritis, Anda bisa melalui jalan darat, dengan mobil atau sepeda (khusus untuk yang berstamina kuat). Jaraknya 27 kilometer arah selatan dari Kota Yogyakarta. Rutenya Yogyakarta-Jalan Parang Tritis-Kretek-Parang Tritis (merupakan jalur utama dan umum bagi wisatawan). Ada pula rute Yogyakarta-Imogiri-Siluk-Parang Tritis (jalur alternatif, jaraknya lebih jauh namun sepanjang perjalanan pemandangannya lebih indah).

Pantai Samas

Di pantai ini terdapat banyak delta dan danau air tawar yang membentuk telaga. Telaga tersebut digunakan penduduk untuk mengembangkan perikanan, penyu, udang galah, dan dijadikan lokasi pemancingan. Pantai inipun terkenal dengan ombak yang besar.

Pantai Pandansimo

Pantai ini merupakan pantai paling barat dari deretan pantai selatan yang masuk wilayah Kabupaten Bantul, terletak bersebelahan dengan muara Sungai Progo. Daya tarik pantai ini terletak pada deburan ombaknya yang besar dan suasana mistis yang masih kental terasa karena masih banyaknya patilasan yang keramat. Hiruk pikuk nelayan yang berjuang melawan besarnya ombak menjadi suasana yang menarik untuk dilihat.

Pantai Baron

Pantai ini merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit hijau dan dipenuhi pohon kelapa. Pantai yang terletak 65 kilometer dari Kota Yogyakarta ini sering digunakan para remaja untuk kegiatan lintas alam dan berkemah.

Pantai Trisik

Di pantai ini banyak sekali ikan-ikan besar sehingga bagi Anda yang hobi memancing, pantai ini dapat dijadikan pilihan. Pantai ini merupakan pangkalan para nelayan. Anda masih boleh berenang di pantai ini sebatas yang diperkenankan karena semua pantai yang ada di Yogyakarta termasuk kategori yang sangat berbahaya sehingga pengunjung dilarang mandi di laut.

Pantai Wedi Ombo

Pantai ini berbentuk teluk dengan dinding perbukitan yang hijau subur. Pantai ini sering juga digunakan untuk berkemah. Panorama alamnya yang indah sangat menarik untuk dinikmati, terutama bagi para pencinta hiking.

Pantai Glagah

Pantai ini terletak 40 kilometer dari Kota Yogyakarta dan termasuk wilayah Kabupaten Kulonprogo. Selain pemandangan alamnya yang indah, pantai inipun telah dilengkapi dengan fasilitas wisata, seperti kolam pemancingan, taman rekreasi, camping ground, dan gardu panjang. (okezone/9/2/13)

0 komentar:

Posting Komentar

PENGUNJUNG YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMENTAR
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda